Sabtu, 15 Agustus 2009

MEMBANGUN RUMAH IDAMAN

Dalam mewujudkan pembangunan rumah, ada beberapa alternative cara yang bisa kita lakukan. Bagi anda yang sangat sibuk dan memiliki anggaran longgar, bisa menyerahkan pembangunan rumah anda kepada kontraktor. Anda cukup membuat kontrak kerja dan melakukan pembayaran bertahap sesuai perjanjian dalam kontrak maka konraktor akan bekerja mewujudkan rumah anda. Bagi anda yang memiliki waktu dan bersedia untuk lebih repot anda bisa mempekerjakan pekerja konstruksi dan menyediakan kebutuhan bahan konstruksi yang diperlukan. Apapun keputusan yang anda ambil pastinya memiliki tujuan yang anda yakini adalah yang terbaik bagi anda.

Secara umum ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan antara lain:

Disain rumah, membangun rumah adalah kegiatan yang membutuhkan biaya tidak sedikit. Maka alangkah baiknya kita merencakan seperti apa rumah kita, tata ruang, bahan apa saja yang digunakan. Dalam merencakan rumah anda sebaiknya anda juga memperkiraan kebutuhan dimasa depan sehingga rumah yang anda bangun akan mampu memenuhi kebutuhan anda untuk tempat tinggal dalam jangka waktu yang lama.

Perkiraan biaya bangunan diperlukan sehingga anda dapat memonitor proses pembangunan dan terkendalinya biaya yang anda keluarkan. Rencana biaya juga diperlukan sebagai panduan anda dalam melaksanakan pengeluaran, bernegosiasi dengan kontraktor meskipun anda melakukan pembangunan secara bertahap.

Izin Mendirikan Bangunan sebagai jaminan hokum legalitas bangunan yang kan kita bangun. IMB (Izin Mendirikan Bangunan) sebaiknya tidak disepelekan karena cepat atau lambat pasti akan di periksa. Pelanggaran terhadap IMB dapat menyebabkan anda menanggung kerugian yang tidak sedikit di kemudian hari.

Usahakan anda mempekerjakan pengawas untuk mengawasi kwalitas pekerjaan dan melaporka kemajuan pekerjaan yang menjadi dasar obyektif bagi anda dalam melakukan pembayaran kepada kontraktor atau tenaga kerja.

Secara khusus beberapa hal yang perlu bila sahabat rancang.net menyerahkan pembangunan rumah kepada kontraktor antara lain:

Usahakan sahabat anda memiliki alternative dalam menetukan calon kontraktor, sehingga ada pembanding terhadap penawaran yang dibuat.

Jangan teriming-iming dengan biaya yang lebih murah karena itu menandakan kualitas dari hasilnya nanti, tapi usahakan biaya yang di keluarkan se optimal mungkin. karena biaya sangat ditentukan juga oleh spesifikasi bangunan, bahan yang digunakan, harga bahan bangunan, cara mengerjakan dan hasil yang dijanjikan.

Mintalah informasi proyek yang telah diselesaikan oleh calon kontraktor dan lebih baik jika anda bisa datang langsung ke salah satu proyek yang pernah dikerjakan sehingga bisa benar-benar yakin akan kwalitas dan standard hasil kerja.

Buatlah kontrak kerja yang akan mengikat hubungan kerja denga kontraktor dan perhatikan hal-hal penting yang menjadi tujuan dari kontrak kerja antara lain, biaya, spesifikasi, masa kerja dan termin pembayaran.

Mintalah contoh/mock up untuk pekerjaan tertentu seperti, mock up lantai keramik seluas 2x2m, pintu, jendela, plint, kornis dll sehingga anda bisa berdiskusi sebelum terlanjur diselesaikan seluruhnya dan ternyata tidak sesuaidengan harapan sahabat rancang.net.

Secara khusus beberapa hal yang perlu bila anda mengelola pembangunan rumah sendiri dengan mempekerjakan pekerja konstruksi antara lain:

Buatlah kontrak tenaga kerja dengan calon pekerja yang dikoordini oleh Mandor/Kepala tukang yang meliputi nilai pekerjaan keseluruhan sehingga anggaran bangunan untuk tenaga kerja.

Tetapkan system pembayaran mingguan atau dua mingguan sesuai dengan progress pekerjaan.

Tentukan juga spesifikasi dan syarat kwalitas hasil pekerjaan dan target penggunaan bahan bangunan.

Usahakan disain dan rancangan anda dibuat dengan tuntunan arsitek yang berpengalaman dan dapat dipercaya.

0 komentar:

Posting Komentar